pembagian harta gono gini Fundamentals Explained

Wiki Article

Gugatan tersebut bisa diajukan dengan 2 cara yaitu secara langsung atau menunggu sidang putusan cerai. Secara langsung berarti, Anda bisa mengajukan tuntutan mengenai harta bersama bersamaan dengan gugatan cerai yang diajukan ke pengadilan agama.

Notaris di Pamulang berpendapat bahwa pembagian harta bersama atau komunal harus menentukan hukum yang berlaku dan sesuai dengan permasalahan yang ada (Ubaidillah, 2022). Pengadilan agama konsisten dalam menyelesaikan perkara terkait pembagian harta bersama akibat perceraian.

Dalam persidangan gugatan harta gono gini, setidaknya ada 9 tahapan yang harus dilakukan. Tahapan awalnya adalah dengan upaya mediasi yang kemudian akan diakhiri dengan pembacaan keputusan sidang oleh hakim.

Dalam pembagian harta yang saling menguntungkan setelah adanya putusan cerai dari Pengadilan Agama, notaris memegang peranan penting.

“Sejak saat dilangsungkan perkawinan, maka menurut hukum terjadi harta bersama menyeluruh antara suami istri, sejauh tentang hal itu tidak diadakan ketentuan-ketentuan lain dalam perjanjian perkawinan.

Oleh karena itu, terkait dengan pertanyaan Anda dan berpedoman kepada pasal-pasal di atas, maka tabungan suami istri tersebut menjadi milik berdua yang dibagi sama rata.

Harta perolehan ini, meskipun diperoleh selama masa perkawinan, biasanya tetap menjadi milik individu yang menerimanya dan tidak termasuk dalam harta gono gini.

Tentu hal ini sangat menyulitkan Anda yang sudah bercerai, sehingga pembagian harta gono-gini setelah perceraian sudah menjadi kewajiban bagi suami istri yang sudah/akan bercerai.

Di dalam KHI khususnya Pasal ninety seven dinyatakan more info bahwa "Janda atau duda cerai masing-masing berhak seperdua dari harta bersama sepanjang tidak ditentukan lain dalam perjanjian perkawinan".

Bilamana ada perkara suami istri telah menyepakati pembagian harta bersama, maka ketentuan KHI tidak berlaku. Namun apabila kedua belah pihak sama-sama ngotot maka keputusan akan ditentukan oleh adat istiadat yang berlaku dan kemudian keputusan hakim apabila tidak ada titik temu.

Meski demikian, harta gono gini bukan hanya berkaitan dengan perceraian. Ini juga melibatkan pemahaman tentang pengaturan dan pembagian harta dalam perkawinan. Sehingga setiap pasangan perlu memahami konsep harta gono gini dalam islam untuk menghindari perselisihan yang tidak perlu.

Temukan definisi istilah-istilah hukum secara free of charge dan tepercaya dari peraturan perundang-undangan

Untuk itu Penerima kuasa diberi hak dan wewenang untuk membuat dan menandatangani serta mengajukan gugatan harta besama/gono gini dan memohon dilakukan upaya hukum pengamanan atas harta yang menjadi obyek sengketa, menghadiri semua tahapan proses persidangan, menerima jawaban dan atau mengajukan jawaban rekonvensi, harta gono gini membuat replik dan atau menerima replik dalam rekonvensi, menerima duplik dan atau mengajukan duplik dalam rekonvensi, mengajukan bukti bukti surat maupun saksi-saksi atau alat bukti lainnya yang berkaitan dengan perkara ini, membuat kesimpulan, mencabut perkara atas kehendak Pemberi kuasa, mengambil salinan putusan atau penetapan serta melakukan tindakan hukum banding serta upaya hukum lainnya guna kepentingan Pemberi kuasa dalam menjalankan perkara ini incasu mengajukan permohonan eksekusi riil atas perkara ini yang telah diputus dan berkekuatan hukum tetap dan melanjutkan proses persidangan guna kepentingan Pemberi kuasa apabila ada upaya hukum Verzet dari pihak lawan.

“Janda atau duda cerai hidup masing-masing berhak seperdua dari harta bersama sepanjang tidak ditentukan lain dalam perjanjian perkawinan.”

Report this wiki page